Yuk Kurangi "Physical Insecurity " dalam Diri!

Yuk Kurangi "Physical Insecurity " dalam Diri!
Foto oleh Noah Silliman di Unsplash

Mungkin ada sebagian di antara kita memiliki bentuk tubuh yang menurut kita,tidak ideal. Ya, masing-masing dari kita memang diciptakan dengan unik, tidak ada yang sama persis antara satu orang dengan yang lain. Namun ketika kita becermin, lalu membandingkan antara diri kita dengan orang lain yang menurut kita penampilan fisiknya lebih sempurna dari kita, mungkin saja ada rasa tidak nyaman dan ingin sama dengan mereka atau bahkan lebih baik.

 Rasa tidak aman, atau insecure, pada fisik terjadi ketika kita memandang ada sesuatu yang kita anggap jelek pada bentuk tubuh kita sedemikian rupa hingga pandangan itu menjadi tidak lagi realistis. Persepsi tersebut dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Terlebih lagi, pengaruh lingkungan sekitar dapat memperburuk pandangan itu. Oleh karena itu, rasa tidak aman tersebut sepatutnya tidak kita biarkan begitu saja, karena bila tidak ditangani dengan tepat akan berkembang menjadi masalah serius yang dapat membahayakan Kesehatan mental kita.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa tersebut? Mari kita simak!

1. Sadari kenyataan, terimalah diri sendiri

Satu hal yang harus kita sadari adalah fakta bahwa tidak ada manusia yang benar-benar sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kekurangan, baik secara fisik maupun sikap. Apalagi, fisik bukanlah satu-satunya yang menentukan kesempurnaan seorang manusia.

Ketika kita sudah benar-benar menyadari kenyataan ini, insyaallah kita mampu menerima apa-apa yang ada pada diri. Kita juga menjadi lebih mudah untuk mencintai diri sendiri dan mensyukuri apa yang telah Allah berikan pada kita.

2. Fokus pada kelebihan diri

Ada baiknya bila kita tidak terus memikirkan apa yang orang lain katakan pada kita. Perhatikan kelebihan-kelebihan apa saja yang ada pada diri kita. Lalu fokuslah pada hal tersebut. Menonjolkan kelebihan yang dapat kita lakukan akan membantu kita untuk tidak mementingkan penilaian orang lain atas kita, termasuk penilaian fisik. Saat kita dihormati orang lain karena kelebihan yang kita punya, insyaallah orang-orang tidak akan banyak memikirkan tentang fisik kita.

3. Jagalah kesehatan diri

Menjaga kesehatan sangat penting untuk menjaga dan menonjolkan kelebihan-kelebihan fisik yang ada pada diri kita, sehingga kita tidak terlalu terfokus pada kekurangan fisik. Mulailah mencari tahu hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, seperti mengonsumsi makanan sehat, tidur teratur, berolahraga, dan melakukan kegiatan-kegiatan aktif. Tak hanya itu, mulailah membiasakannya sedikit demi sedikit agar lebih terbiasa hidup sehat di kemudian hari.

 4. Carilah lingkungan yang mendukung

Bila lingkungan sosial di sekitar dirasa memperburuk pandangan kita tentang bentuk fisik diri sendiri, jangan berlama-lama berada di lingkungan itu. Carilah teman atau tempat yang bisa mendukung kita menggapai cita-cita tanpa terganggu dengan persepsi mereka tentang fisik kita. Ingatlah bahwa lingkungan yang baik akan menjadikan pribadi semakin baik, dan sebaliknya.

5. Mintalah bantuan profesional

Bila berbagai upaya sudah dicoba tapi masih merasa insecure karena bentuk fisik diri, jangan ragu untuk menghubungi layanan profesional seperti para dokter atau ahli psikologi. Mereka merupakan pakar yang telah ahli di bidangnya, sehingga mereka dapat membantu kita memecahkan persoalan insecurity dalam pikiran kita. Namun, satu hal yang perlu diingat, kemauan untuk lepas dari rasa tidak aman merupakan kunci yang harus dibenam dalam pandangan kita.

Sekian Sob, ilmunya. Semoga Sobat GenBP dapat mengambil pelajaran ya dari tulisan ini! Sampai jumpa lagi Sob!

Karya : Rama Shidqi Pratama

...
Beri Perubahan

Artikel lainnya

Mungkin ini yang anda cari selama ini.