Agar Pola Makan dan Minum Jadi Lebih Teratur!

Agar Pola Makan dan Minum Jadi Lebih Teratur!
Foto oleh Louis Hansel di Unsplash

Makan dan minum adalah salah satu kebutuhan dasar umat manusia. Tanpa kedua aktivitas itu, manusia tidak akan dapat beraktivitas dengan leluasa dan justru mudah sakit-sakitan. Nah Sobat GenBP gak mau dong kayak gitu ☹️

Secara alami manusia akan berusaha untuk dapat makan dan minum saat ia membutuhkannya. Namun, karena kesibukan yang kita alami, terkadang kita sengaja untuk tidak makan dan minum, sekalipun saat itu kita membutuhkannya. Kita pun akhirnya makan atau minum belakangan. Bila hal seperti ini berlanjut dalam waktu lama, pola makan dan minum kita menjadi tidak teratur dan dapat membahayakan kesehatan.

Meski kita sibuk, jangan pernah remehin urusan makan dan minum ya Sob!

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh kita. Kondisi kelaparan dalam waktu lama dapat menurunkan kemampuan berpikir serta meningkatkan asam lambung, sehingga dapat menimbulkan risiko penyakit seperti maag. Selain itu, terlambat makan juga dapat meningkatkan tekanan darah, risiko penyakit jantung, dan stroke, di samping gangguan tidur dan gangguan pada berat badan.

Begitu pula dengan pola minum yang tidak teratur. Minum terlalu sedikit, atau bahkan tidak minum dalam waktu lama, dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Dehidrasi mengakibatkan organ-organ penting tubuh tidak mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga dapat mengganggu konsentrasi dan meningkatkan risiko penyakit seperti sariawan.

Dengan risiko-risiko di atas, kita bisa memahami bahwa pola makan dan minum yang tidak teratur dapat menghambat produktivitas kita. Kita tidak dapat beraktivitas mewujudkan harapan kita dengan maksimal bila kita terpaksa harus mengatasi penyakit dalam tubuh – yang mungkin saja dihindari dengan mengatur hal-hal dasar seperti makan dan minum. Maka, kita harus menentukan pola makan dan minum yang baik dan teratur untuk menjaga kesehatan kita. Apa yang bisa kita lakukan agar pola makan dan minum menjadi lebih teratur?

1.Buat Jadwal Makan

Cobalah membuat jadwal untuk menentukan kapan harus melakukan “makan besar” seperti sarapan, makan siang atau makan malam. Sebenarnya tidak ada waktu makan yang pasti, karena setiap orang memiliki kebiasaan hidup yang berbeda-beda. Namun, menetapkan rentang waktu tertentu untuk setiap waktu makan membantu kita mengetahui waktu yang baik bagi kita untuk makan.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah waktu saat kita tidur malam, di mana sebagian dari makanan yang telah masuk harus dicerna oleh tubuh sebelum akhirnya tidak menerima makanan selama berjam-jam saat tidur. Oleh karena itu, tetapkan jarak antara waktu makan dan tidur malam (misalnya makan dua jam sebelum tidur) agar tidak tidur saat perut masih dalam kondisi penuh.

Begitu pula saat kita mendapati perut kita keroncongan saat bangun pagi, segeralah untuk mengisinya agar tidak mengganggu aktivitas harian kita.

2.Buat Skala Prioritas

Bila sedang ada banyak kegiatan yang dapat menyita waktu bahkan untuk melakukan makan dan minum, tetapkan skala prioritas agar tidak mengganggu pola yang telah kita susun sebelumnya. Usahakan mengerjakan hal-hal yang mudah dikerjakan terlebih dahulu, atau hal-hal yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu pola makan dan minum. Usahakan pula untuk mengurangi kegiatan yang bagi kita dirasa tidak terlalu penting, bila ada kegiatan lain yang lebih penting dilakukan. Membuat skala prioritas tidak hanya membantu memberi waktu cukup untuk membiasakan pola makan dan minum yang sehat, namun juga membantu meningkatkan produktivitas kita.

3.Jangan Tunda Saat Butuh

Saat kita sedang haus dan ingin minum, seringkali kita menunda untuk minum. Begitu pula saat kita sedang lapar dan ingin makan, sekalipun hanya camilan. Padahal sikap kita untuk menunda waktu makan dan minum secara terus-menerus dapat menyebabkan pola makan dan minum kita menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita tidak menunda dan segera makan atau minum saat sedang membutuhkannya

Nah itu dia Sob, cara-cara jitu yang harus kita perhatikan untuk menjaga kesehatan badan lewat makan dan minum teratur. Yuk kita mengubah kebiasaan baik bareng-bareng !😉

Karya : Rama Shidqi Pratama

...
Beri Perubahan

Artikel lainnya

Mungkin ini yang anda cari selama ini.